Bookmark and Share
Blog Kesuksesan Hidup | Masalah Dan Target KeberhasilanSeperti yang saya katakan pada artikel saya sebelumnya, bahwa khusus untuk poin ke empat dari kesimpulan saya tentang masalah, akan saya bahas secara terpisah.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai poin keempat tersebut, dimana pada poin itu saya mengatakan bahwa:
"Ketika kita sedang dalam perjalanan untuk mencapai target-target keberhasilan kita, besar kecilnya masalah yang datang akan berbeda tergantung dari besar kecilnya target keberhasilan kita tersebut".

Pernahkah sahabat-sahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup merasakan perbedaan terhadap masalah yang dihadapi pada masing-masing target keberhasilan yang ingin kita capai? Maksud saya, ketika target keberhasilan kita besar, maka masalah yang kita hadapi juga besar, sebaliknya, ketika target keberhasilan kita kecil atau biasa-biasa saja, masalah yang kita hadapipun biasa-biasa saja.
Sederhananya, hubungan antara masalah dengan target keberhasilan adalah berbanding lurus.

Sebelum saya melanjutkan pembahasan ini, sekedar mengingatkan, bahwa dibalik setiap keberhasilan pasti ada tanggung jawab yang mengikutinya... Ya, ada tanggung jawab dari masing-masing tingkat keberhasilan kita, baik itu tanggung jawab kita kepada Tuhan, maupun tanggung jawab kita kepada sesama manusia.
Sama halnya dengan hubungan antara masalah dengan target keberhasilan, hubungan antara keberhasilan dengan tanggung jawab juga berbanding lurus, artinya semakin besar keberhasilan yang kita raih, semakin besar pula tanggung jawab yang dibebankan kepada kita, dan sebaliknya.

Nah, dari uraian diatas, saya memiliki harapan baik, bahwa sahabat sudah memiliki sedikit gambaran atau bahkan kesimpulan sendiri mengenai artikel saya ini.

Baiklah, menurut saya begini...
Berfokus pada 4 faktor berikut, yaitu: target keberhasilan, masalah, keberhasilan, dan tanggung jawab, kesimpulan dari artikel saya kali ini adalah:

  • Ketika kita sedang dalam perjalanan untuk mencapai target-target keberhasilan, kehadiran masalah sebenarnya hanya untuk menguji kepantasan kita untuk memikul tanggung jawab dari keberhasilan yang akan diraih tersebut.
  • Besar kecilnya masalah yang dihadapi dalam pencapaian target-target keberhasilan, juga menunjukkan besar kecilnya tanggung jawab dari sebuah keberhasilan.
  • Ketika kita gagal dalam mengatasi masalah, itu menunjukkan bahwa sebenarnya kita belum pantas memikul tanggung jawab dari sebuah keberhasilan.

Tapi sahabat tidak perlu khawatir, berfokus pada empat faktor diatas, pantas atau tidaknya kita memikul tanggung jawab dari sebuah keberhasilan, atau dengan kata lain, pantas atau tidaknya kita akan sebuah keberhasilan, semuanya tergantung kita, apakah kita sudah menjadi orang yang efektif dalam menghadapi setiap masalah atau belum. Ini sangat penting. Untuk mengetahui hal ini, jika sahabat berkenan, silahkan baca kembali artikel saya tentang masalah.

Terakhir...
Jadilah efektif dan pantaskan diri kita untuk memikul tanggung jawab dari sebuah keberhasilan, sehingga pantaslah kita akan keberhasilan itu sendiri.

Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi sahabat semua.
Terima Kasih.